Susunan Makalah yang Benar Sesuai Standar

Pengetahuan mengenai susunan makalah yang benar adalah hal wajib ketika Anda mencoba membuat makalah. Baik itu makalah kuliah maupun yang lain sebagainya. Standar dalam susunan makalah, memiliki pola tersendiri, jadi intinya tidak boleh sembarangan. Karena, bagian-bagian dari makalah saling berhubungan satu sama lain.

Susunan Makalah yang Benar Seperti ini:
  1. Cover / Sampul
  2. Abstrak
  3. Daftar Isi
  4. Kata Pengantar
  5. Bab I Pendahuluan
  6. Bab II Pembahasan
  7. Bab III Penutup
  8. Daftar Pusaka
Delapan (8) poin yang harus kalian perhatikan dalam susunan makalah yang benar tersebut. Untuk lebih jelas dalam memahami susunan itu, nanti kita coba bedah satu persatu, poin demi poin agar kita bisa mencerna pemahaman pembuatan makalah dengan baik.
Baca juga! dibawah ini
>>  Contoh Makalah Mahasiswa
Sebelum kita bedah poin diatas, mari kita mulai dengan tahap ini terlebih dahulu. Ingat!! poin ini bukan susunan makalah, hanya sekedar awalan saat kalian mulai membuat makalah. Yaitu:
  • Pemilihan Topik
  • Pemilihan Bahasa
  • Kerangka Makalah
Pemilihan Topik

Apa itu pemilihan topik dalam makalah? pemilihan topik dalam makalah adalah pokok ide yang diambil dari uraian latar belakang masalah. Lalu bagaimana dengan latar belakang? latar belakang secara substansial adalah sebab mengapa makalah itu ditulis, yang sudah mengalami proses penelitian..

Dalam memilih topik, Anda tidak boleh asal-asalan. Pilihlah topik menarik yang yang sekiranya dibutuhkan dan membawa manfaat bagi masyarakat. Memilih sebuah topik untuk makalah, harus berkaitan dengan kajian-kajian ilmiah. 

4 Hal yang harus kalian perhatikan saat memilih topik. Antara lain sebagai berikut:
  1. Kemampuan kita dalam menulis teori/kajian masalah.
  2. Ketersediaan bahan pendukung, referensi dan literatur lain yang dapat kita masukkan ke dalam makalah.
  3. Memberikan kesan yang menarik dan unik dari topik makalah.
  4. Memiliki besarnya manfaat makalah yang kita terbitkan secara umum.
Susunan Makalah yang Benar Sesuai Standar - topik


Pemilihan Bahasa

Bagaimana cara memilih bahasa yang baik untuk pembuatan makalah? perlu diingat! bukan hanya makalah, entah itu proposal, karya tulis, surat harus menggunakan bahasa yang baik dan benar. Apa lagi makalah, Anda harus menggunakan bahasa yang baku dan  ejaan yang disempurnakan (EYD).

Ada ketentuan dalam menggunakan bahasa. Entah itu makalah dalam bahasa Inggris/internasional maupun bahasa Indonesia. Semuanya harus memiliki bobot dalam pemilihan diksi, agar menciptakan makalah yang berkualitas.

Hindari menggunakan bahasa yang bertele-tele, basa-basi. Karena kebanyakan jika menggunakan bahasa tersebut, akan mengundang salah tafsir bagi penilai/dosen maupun pembaca makalah Anda. Jadi gunakan'lah bahasa yang sudah ditentukan diatas tadi.

Susunan Makalah yang Benar Sesuai Standar -  Pemilihan Bahasa


Susunan Kerangka Makalah

Nah, ini mulai kita membuat susunan makalah yang benar di tahap ini. Susunan kerangka makalah yang dibuat harus menyampaikan awal sampai akhir. Maksudnya daari mulai pembukaan/cover harus jelas sampai penutupan.

Ada delapan yang sudah kami jelaskan tadi. Seperti cover, abstrak, daftar isi, kata pengantar, bab I pendahuluan, bab II pembahasan, bab III penutup, daftar pustaka, serta Lampiran. Kita bahas satu persatu.


Pertama!! Cover atau Sampul

Ada 5 (lima) poin di cover ini. Beberapa poin ini ditulis dengan jelas sebagai berikut:
  1. Saat kalian membuat judul untuk makalah, tulis'lah dengan huruf besar dan menggunakan huruf bertipe “Times New Roman” dengan ukuran font 14, ditulis rata kanan-kiri (center aligment)
  2. Judul yang ditampilkan harus jelas, informatif, singkat namun menjelaskan isi dari penelitian. Judul tersebut akan menginformasikan kepada pembaca, garis besar dari isi bahasan makalah.
  3. Nama Penulis ditulis dengan jelas. Nama asli/nama lengkap tanpa disingkat serta tanpa menyebutkan gelar.
  4. Alamat penulis memuat nama instansi atau lembaga tempat penulis bekerja atau menempung jenjang studi (universitas).
  5. Tahun terbit adalah tahun pada saat makalah telah selesai penelitian dan penulisannya, kemudian diterbitkan untuk umum.



Kedua!! Abstrak

Apa itu abstrak dalam makalah? secara singkat, abstrak adalah sebuah paragraf dalam tulisan/makalah yang mencakup sebuah ringkasan dari awal sebuah makalah. Fungsi dari abstrak itu sendiri untuk menjelaskan tentang yang ada dalam pokok pembahasan makalah kepada para pembaca nantinya.

Ada 8 (delapan) poin saat kalian membuat abstrak untuk makalah. Antara lain:
  1. Abstrak ini bisa ditulis dalam bahasa Indonesia dan bahasa Inggris sesuai pemilihan bahasa makalah Anda.
  2. Untuk bahasa Indonesia, tidak boleh lebih dari 250 kata.
  3. Untuk bahasa Inggris, tidak boleh lebih dari 200 kata.
  4. Abstrak berisi ringkasan atau bahasan pokok dari makalah, tujuan penelitian, metode penelitian, hipotesa, serta sedikit rangkuman hasil penelitian.
  5. Jika ingin menerbitkan makalah internasional, letakkan abstrak bahasa inggris di halaman utama/awal sebelum abstrak bahasa indonesia.
  6. Jika pada nasional, letakkan abstrak bahasa indonesia di halaman utama/awal sebelum abstrak bahasa inggris.
  7. Penulisan abstrak menyesuaikan tujuan dan sasaran kalian dalam membuat makalah tersebut.
  8. Keyword atau atau kunci terdiri tidak lebih dari 3-5 kata. Penempatan kata kunci, diletakkan dibawah abstrak itu sendiri,

Susunan Makalah yang Benar Sesuai Standar - Abstrak


Ketiga!! Daftar Isi

Untuk membuat daftar isi, diperlukan kejelian yang mendalam. Ingat! jangan sampai tertinggal salah satu poin'nya. Daftar isi memuat informasi atau keterangan pada setiap bab maupun sub bab. Apa gunanya? daftar isi berguna untuk memudahkan kita mencari pokok masalah yang akan dbaca.

Susunan Makalah yang Benar Sesuai Standar -  Daftar Isi



Istirahat sejenak!! untuk baca dibawah:

>> Contoh Pembuatan Makalah yang Sudah Jadi dan Cetak



Lanjut, Keempat!! Kata Pengantar

  • Kata pengantar berisi seluruh makna dari makalah yang sudah akan dibuat. Namun masih bersifat umum.
  • Tidak lupa untuk mencantumkan rasa syukur kepada Allah Swt dan beberapa pihak yang sudah mendukung pembuatan makalah Anda,
  • Menjabarkan tentang waktu penulisan, tempat penelitian, serta pihak-pihak yang membantu menyelesaikan makalah, baik individu, instansi maupun lembaga-lembaga tertentu.
  • Anda juga bisa menulis sebuah harapan, manfaat bagi pembaca dan tidak keberatan menerima segala masukan, saran dari pembaca.
  • Silakan tulis nama lengkap Anda, tempat dan tanggal pembuatan makalah namun jangan dibubuhi tanda tangan.
Dalam hal ini, kata pengantar makalah sama dengan kata pengantar contoh laporan sejenis. Untuk melihat bagaimana prosesnya, bisa kalian pelajari dibawah:
[BACA] Kata Pengantar Laporan yang Benar

Yang kelima!! Bab I - Pendahuluan

Apa yang dimaksud dengan bab I pendahuluan? apa bedanya dengan bab II? untuk lebih jelasnya bisa diperhatikan seperti berikut:
Pendahuluan merupakan bahasan awal topik penelitian dalam susunan makalah dari sudut pandang dari pembuat makalah Saat menulis pendahuluan, Anda tidak perlu menulis dengan detail, cukup singkat saja sesuai dengan pokok permasalahan. Dapat menjelaskan tentang pokok permasalahan yang ditemukan di awal makalah. Yang dimaksud adalah masalah yang ingin anda teliti pada makalah tersebut. Memasukkan poin-poin penting yaitu Latar Belakang, Rumusan Masalah dan Tujuan Pembahasan.

Ada 3 (tiga) poin dalam bab I ini. Antara lain:
  1. Latar Belakang
  2. Rumusan Masalah
  3. Tujuan Pembuatan
Latar Belakang)

Anda harus menjelaskan permasalahan pada tema yang sudah dipilih. Kenapa harus dibahas, diteliti dan ditulis. Silakan untuk membahas dari awal sampai akhir, namun perlu singkat saja cukup esensi yang peru dijelaskan. Jangan lupa pula untuk menjelaskan data, fakta dan teori yang ada dalam bahasan. Ditulis dengan metode piramida terbalik. pertama menjelaskan secara umum lalu pada akhirnya menjadi poin permasalahan penting, objek, serta ruang lingkup yang ingin diteliti.


Rumusan Masalah)

Dibagian ini berisi pokok masalah makalah. Jelaskan secara singkat saja tidak boleh lebih dari satu paragraf. Tidak lupa pula untuk memberikan 2-3 pertanyaan yang sesuai dengan tema. Dan alasan kenapa makalah ini dibuat.


Tujuan Pembuatan)

Apa tujuan makalah Anda dibuat? harus dipikirkan betul-betul. Jangan sampai, Anda membuat makalah yang tak berarti. Intinya, makalah Anda harus bermanfaat bagi orang lain. Manfaat dibuatnya makalah memiliki 2 tujuan antara lain:
  • Fungsional : Memberikan manfaat yang diharapkan dapat menjadi landasan mengambil kebijakan atau keputusan.
  • Individual : Menambah ilmu pengetahuan, pengenalan, pengalaman baru.

Yang keenam!! Bab II - Pembahasan
  1. Tulis uraian pokok topik makalah Anda secara detail
  2. Menjelaskan tentang permasalahan, penelitian, metode penelitian, tempat penelitian, sasaran penelitian, dan di jelaskan secara detail hasil data yang sudah didapatkan
  3. Data yang diperoleh bisa berupa data kualitatif, kuantitatif, dan mixed methods
  4. Sedangkan metode yang bisa kita lakukan. Antara lain dengan survey, wawancara dan pengamatan
  5. Cantumkan hasil kutipan wawancara, jika hasil dari penelitian berupa metode wawancara,.
  6. Isi menjelaskan definisi dan landasan teori, ulasan materi, penyelesaian masalah dan solusi/hasil penelitian.

Ketujuh!! Bab III - Penutup

Di bab penutup, bukanlah akhir dari segalanya. Masih ada beberapa tahap lagi yang berisi harapan penulis kepada para pembaca bahwa penelitian ini dapat bermanfaat bagi mereka. Memberikan kesan dan pesan serta ucapan terima kasih kepada pihak yang bersangkutan. menjelaskan kekurangan serta kelebihan dalam penulisan makalah.

Di bab penutup, ada 2 poin. Yaitu:

a). Kesimpulan

Menyimpulkan hasil pembahasan penelitian. Kesimpulan dapat sesuai dengan hasil hipotesa, juga kesimpulan dari hipotesa baru. Menjabarkan apakah penelitian telah menjawab rumusan masalah atau masih diperlukan penelitian lanjutan.

b). Saran

Saran ditujukan kepada pembaca. Berisi manfaat penelitian kepada pembaca yang diharapkan dapat diterapkan oleh pembaca secara langsung, baik secara teoritis maupun praktis.

Baca:
Contoh Saran Dalam Makalah Dengan Kalimat Sederhana


Terakhir!! Daftar Pustaka

Nah, ini adalah susunan makalah yang benar sesuai standar yang terakhir. Pada langkah ini, Anda harus memperhatikan sebagai berikut:
  1. Memuat daftar rujukan yang sudah kalian pakai dalam makalah,
  2. Ada 25 referensi (minimal)
  3. Disusun secara sistematis berdasarkan abjad/alfabetis dari nama pengarang.
  4. Daftar pustaka terdiri dari Nama pengarang, Tahun terbit publikasi, Judul publikasi, Tempat terbit dan Penerbit.
  5. Nama pengarang sama namun berbeda waktu tahun penerbitan, maka penerbit pertama ditulis terlebih dahulu.

Susunan Makalah yang Benar


Demikian persembahan dari kami untuk susunan makalah ini. Bagaimana? sudah jelas bukan!! semoga apa yang kita pelajari ini membawa manfaat bagi kita semua. Salam dan terima kasih

Postingan terkait: