Contoh Penutup Makalah dengan Bahasa Sederhana

Contoh penutup makalah kali ini, akan kami sajikan dengan bahasa yang sederhana saja. Karena, dengan bahasa sederhana, sebuah kalimat penutupan akan terasa lebih mudah dipahami. Walaupun dimana-mana entah karya tulis paling sederhana pun, penutupan menjadi tidak begitu penting. Namun juga tidak bisa dibuat asal-asalan karena ada tiga poin yang harus diperhatikan nanti.

Contoh Penutup Makalah dengan Bahasa Sederhana

Makalah yang merupakan jenis dari karya tulis, pada intinya sama saja pada bagian penutupan karya-karya tulis lain. Sehingga, pada bagian penutupan makalah, tidak terlalu penting. Biasanya hanya berisi kata-kata basa-basi namun tetap pada konteks aslinya. Waktu itu ada orang bertanya, bagaimana sih membuat contoh penutup makalah pembuatan produk yang benar? ya tentunya yang sederhana saja dan sesuai isi dari makalah itu.


Mungkin juga Anda harus baca ini:


Ada beberapa hal yang harus diperhatikan saat kalian membuat penutup sebuah makalah. Dengan demikian, proses membuat makalah harus sempurna mengikuti kaidah yang sudah ditentukan. Antara lain yang harus Anda ketahui adalah sebagai berikut:

  1. Tidak bertele-tele
  2. Fokus merangkum isi makalah Anda
  3. Berikan saran dengan tema makalah Anda
Tidak bertele-tele artinya, penggunaan diksi atau pilihan kata untuk penutup makalah tidak perlu basa-basi yang terlalu panjang, cukup yang ringan-ringan saja dan usahakan gunakan bahasa yang sederhana. Pilihlah kata yang sudah Anda fokus-kan pada isi makalah (poin nomer dua). Dan yang terakhir adalah kasih sedikit saran untuk makalah Anda, agar terlihat lebih interaktif kepada pembaca nanti.

Oke, kita langsung saja menuju penutup makalah yang bisa kalian contoh. Lihat dibawah ini:

Contoh penutup makalah pemasaran produk atau perdagangan.

contoh penutup makalah pembuatan produk



Contoh diatas bisa kalian ambil dan bisa dijadikan referensi. Kenapa harus di simpan dalam layanan Google begitu? karena dalam file tersebut, bukan hanya berisi penutupan makalah saja, melainkan contoh pembuatan makalah yang sudah jadi dan cetak. Bagaimana? enak bukan!!


Baca juga:




Contoh penutup makalah sejarah atau penelitian peristiwa sejarah


contoh penutup makalah sejarah



Lebih jauh lagi belajar mengenai penutup makalah. Apa itu bagian penutup makalah? Bab penutup atau bagian penutupan pada makalah adalah bagian yang biasanya berisi ungkapan-ungkapan penulis secara singkat dan jelas. Bab penutupan terdiri daru pembahasan yang dijelaskan pada bagian isi makalah. Paling gampang, bisa sebut saja bab kesimpulan.

Bagian kesimpulan, ada tata cara yang harus diperhatikan. Tulis rangkuman atas pembahasan makalah yang sudah kalian buat. Dan bagian saran, cukup dengan sesuai yang ada pada isi makalah. Usahakan agar orang-mau mengikuti saran yang kalian buat,

Pada bagian penutup, sudah saya jelaskan diatas tadi pada poin-poin hal yang harus diperhatikan saat pembuat penutup makalah, Yaitu, tidak bertele-tele, fokus dengan merangkum dan berikan saran yang baik interaktif untuk pembaca.

Agar kualitas dari makalah yang kalian buat itu sempurna, cek secara menyeluruh mulai dari pembukaan sampai dengan penutupan tadi. Demikianlah pembahasan kali ini mengenai penutupan makalah dengan bahasa yang sederhana namun mengena, Semoga bermanfaat buat kalian dan sampai kan salam dan terima kasih.

Postingan terkait: