Format Makalah Lengkap Beserta Contohnya

Bagaimana cara membuat format makalah yang baik dan benar sesuai ketentuan yang sudah diberlakukan? tepat sekali kalian membuka blog khusus membahas semua yang berkaitan dengan contoh makalah ini. Karena kami akan membagikan sedikit tips mengenai semua materi pembuatan makalah sampai jadi untuk Anda.

Berikut Susunan Format Makalah yang Benar:
  1. Halaman Judul
  2. Kata Pengantar
  3. Halaman Daftar Isi
  4. BAB I (Pendahuluan)
  5. BAB II (Dasar Teori)
  6. BAB III (Pembahasan)
  7. BAB IV (Penutup)
  8. Daftar Pustaka
  9. Lampiran
Ada sembilan (9) poin yang harus Anda ketahui dalam merangkai/menyusun format makalah ilmiah. Semua itu harus dipenuhi untuk membuat makalah kalian bisa diterima dan mendapatkan nilai yang baik saat ditampilkan di publik nanti.

Format Makalah Lengkap Beserta Contohnya

Mari kita membahas lebih jauh poin-poin diatas agar kalian bisa lebih paham mengenai susunan makalah itu:

1. Halaman Judul
Apa itu? ialah sebuah halaman yang biasanya sesudah cover makalah. Berisi judul makalah yang kalian buat, nama pengarang dan tahun pembuatan.


2. Kata Pengantar
Sebuah halaman yang berisi kata-kata singkat menjelaskan untuk apa dan untuk siapa makalah Anda dibuat. Untuk lebih jelas mengenai kata pengantar, bisa kalian baca dibawah:


3. Halaman Daftar Isi
Semua pasti tahu untuk yang satu ini. Ya, betul! halaman ini berisi keterangan nomor-nomor halaman yang ada pada makalah kalian.

4. Bab I (Pendahuluan)
Pada Bab 1 ada beberapa bagian yang harus diketahui antara lain:
1.1. Latar Belakang
Bagian ini menjelaskan Anda kenapa memilih tema dan memberikan alasan yang tepat.
1.2. Tujuan
Sebuah karya tulis, entah itu jenis apapun termasuk makalah harus memiliki tujuan. Tujuan pembuatan makalah untuk manfaat orang banyak,
1.3. Ruang Lingkup
Berisi tentang ilmu atau teori yang berkaitan dengan tema yang diambil dalam makalah. Harus berdasarkan penelitian makalah yang sebenarnya,

5. Bab II (Dasar Teori)
Dalam membuat makalah, jangan lupa bahwa dasar teori sangat penting. Anda tidak bisa mengarang-nya sendiri, Harus dari sumber yang kompeten dan bisa dipertanggungjawabkan,

Untuk menuliskan teori yang diambil dari para ahli jangan lupa mencantumkan nama, tahun atau buku yang pernah memuat teori tersebut. Sehingga sumber/nara sumbernya jelas dan tidak diragukan. Kalau membuat kutipan harap mencantumkan pula halaman di mana kutipan tersebut diambil.

6. Bab III (Pembahasan)
Dibagian ini berisi semua data yang sudah kalian kumpulkan dan dirangkai dalam sebuah kata-kata. Haru jelas dan rinci. Jika kalian membuat makalah penelitian, pada bagian isi harus dibubuhi dengan pendapat sendiri sebagai bahan tambahan bahwa Anda meneliti dengan benar tentang tema yang ada pada makalah. Untuk contoh makalah penelitian sudah jadi, bisa kalian ambil dibawah:


7. Bab IV (Penutup)
Ada dua bagian yang harus kalian  penuhi dibagian penutup. Yaitu:
  • Kesimpulan
  • Kritik dan Saran
Kesimpulan makalah yaitu sebuah kata-kata yang menjelaskan secara singkat isi dari makalah kalian. Tidak perlu menggunakan bahasa yang terlalu bertele-tele.

Sedangkan kritik dan saran adalah sebuah harapan dari kalian sebagai pembuat makalah untuk mendapatkan kritik agar makalah jauh lebih baik dan saran untuk memperbaiki makalah di waktu akan datang.

8. Daftar Pustaka
Daftar pustaka merupakan bagian terakhir pada makalah yang berisi sumber yang digunakan. Daftar pustaka berupa buku, surat kabar, majalah, informasi dari situs internet dan lain-lain. Penulisannya secara lengkap dan mengikuti kaidah penulisan Bahasa Indonesia yang baik dan benar.

9. Lampiran
Dan terakhir dari pembuatan makalah adalah lampiran gambar/foto atau pun grafik atau juga data yang mendukung dalam pembuatan makalah.

Sekarang waktunya kita bagaimana sih cara mengatur kertas untuk membuat makalah yang benar? setelah susunan format makalah diatas, kalian juga harus tahu bahwa pengaturan kertas untuk mencetak makalah juga penting. Simak dibawah:

- Pengaturan Margin
Pengaturan margin atau bisa kita kenal dengan pengaturan batas tepi antara huruf dan tepi kertas yang baik dan benar adalah:
  • Atas        : 3 cm
  • Kiri         : 4 cm
  • Kanan   : 3 cm
  • Bawah : 3 cm
  • Jenis ukuran kertas pilih Portrait atau tegak

Format Makalah Lengkap


- Pengaturan Kertas
Standar penggunaan jenis kertas adalah yang A4. Yang bagaimana itu? yaitu sebuah kertas putih bersih yang memiliki ukuran lebar 21 cm dan panjang 29,7 cm.

- Pengaturan Font
Font adalah huruf!! mengatur sebuah font untuk makalah tidak boleh sembarangan. Untuk yang diperbolehkan adalah Font Times New Roman dengan ukuran 12pt

- Pengaturan Margin
Terakhir adalah spasi. Spasi untuk pembuatan makalah yang sesuai kaidah adalah 1,5 dengan posisi after before adalah 0pt.

Demikian pembahasan kami ini tentang beberapa susunan format makalah beserta contoh makalah dan pengaturan kertas. Semoga artikel ini bermanfaat untuk Anda dan menjadikan makalah kalian bermanfaat bagi semua orang. Terima kasih

Postingan terkait: