Struktur Makalah Ilmiah yang Benar

Struktur makalah ilmiah yang baik dan benar itu bagaimana? berikut kami sajikan contoh makalah yang sesuai dengan kaidah dan struktur pembuatan. Untuk membuat makalah, diperlukan struktur yang dibuat dengan memahami pola tema dari makalah kalian. Dalam pembuatan makalah, tidak boleh menyusun dengan sembarangan, namun harus ada kaidah yang sudah ditetapkan.

Berikut Penulisan Struktur Makalah yang benar:
  • Halaman Depan atau Cover Makalah
  • Kata Pengantar
  • Daftar Isi
  • Bab 1 (Pendahuluan)
  • Bab 2 (Pembahasan)
  • Bab 3 (Penutup)
  • Halaman Penunjang
Ada 7 (tujuh) struktur yang umumnya dipakai di penulisan sebuah makalah. Untuk menunjang kemampuan berpikir Anda membuat struktur makalah yang baik dan benar, kami siapkan penjelasannya secara singkat nanti. Semua poin diatas akan kami uraikan sebagai berikut:

Struktur Makalah Ilmiah yang Benar


1. Halaman Depan / Cover Makalah

Apa isi pada halaman ini? yang jelas isi dari halaman depan tidak terlalu panjang. Cukup singkat menjelaskan apa sejatinya yang akan dibaca nanti. Contohnya adalah judul makalah, pembuat makalah, dosen pembimbing, nama sekolah/instansi dan terakhir adalah tahun pembuatan makalah.

Lebih jelasnya lagi tentang cover makalah, silakan lihat contohnya dibawah ini:


Struktur Makalah - Cover Makalah


2. Kata Pengantar

Bagaimana membuat kata pengantar yang baik? untuk membuat kata pengantar makalah, sudah pernah kami bahas secara detail. Isi dari kata pengantar ialah sebuah kata-kata yang disampaikan pembuat makalah untuk menjelaskan secara singkat tentang tujuan utama membuat makalah itu. Serta ucapan terima kasih kepada pihak-pihak yang sudah membantu.

3. Daftar Isi

Pastinya sudah banyak yang paham untuk yang satu ini. Ya, daftar isi sebuah jenis karya tulis entah itu makalah, proposal dan lainnya tidak asing bagi kita. Daftar isi merupakan halaman yang berisi keterangan nomor halaman pada sebuah buku termasuk makalah.

Untuk angka i, ii, iii dan seterusnya digunakan pada lembar kata pengantar, daftar isi dan sebelum halaman bab pendahuluan. Angka 1,2,3 dan seterusnya digunakan pada halaman dari bab 1 pendahuluan hingga akhir yaitu penutup. Untuk daftar pustaka dan lampiran tidak digunakan nomor halaman.

4. Bab 1 (Pendahuluan)

Apa yang ada dalam bab 1? ingat!! bab pendahuluan dibagi lagi menjadi tiga pada penulisan struktur makalah yang benar. Pada bab 1 kita sebut pendahuluan, yang berisi latar belakang tema makalah kalian. Penulisan bab pendahuluan makalah haruslah secara rinci. Jelaskan semua yang kalian ketahui dari mulai asal-usul objek yang Anda jadikan tema penelitian.

Apa lagi? selanjutnya pada bab pendahuluan setelah latar belakang, kalian sebutkan rumusan masalah yang ditemukan. Kemudian tujuan dan manfaat dari pembahasan rumusan masalah yang akan didapatkan para pembaca makalah Anda,

5. Bab 2 (Pembahasan)

Isi dari bab pembahasan harus sangat rinci! lebih rinci dari bab 1 tadi. Bab 2 pembahasan berisi materi-materi rumusan masalah makalah kalian. Untuk lebih jelas mengenai bab pembahasan, kami sarankan membaca contoh makalah yang sudah jadi dibawah:


6. Bab 3 (Penutup)

Bagian penutup makalah terdiri dari kesimpulan makalah dan sebuah pernyataan keinginan diberikan kritik dan saran untuk kalian. Guna kritik dan saran adalah untuk menyempurnakan makalah Anda yang sekarang atau makalah yang akan dibuat dimasa mendatang.

7. Halaman Penunjang

Isi dari halaman penunjang adalah lembar daftar pustaka. Kenapa harus ada daftar pustaka? karena dalam membuat makalah, apalagi makalah penelitian pasti ada sumber-sumber yang kalian ambil. Tidak serta merta kalian mengarang sendiri. Bisa diambil di Google  sumber materi untuk bagian penunjang lainnya semisal lampiran atau bukti nyata dari hasil penelitian.

Struktur Makalah - Daftar Pustaka


Nah, itulah penjelasan detail strukturnya yang harus kalian pahami. Contoh-contoh diatas bisa kalian ketahui lebih lanjut dengan membaca format makalah yang benar. Apa saja format yang benar untuk membuat makalah? simak dibawah:

  1. Kertas yang di gunakan A4 atau HVS polio.
  2. Ukuran atau front huruf 12 menggunakan Arial
  3. Ukuran margin atas 4 cm, samping kanan 4 cm, samping kiri 3 cm dan bawah 3 cm.
  4. Garis 1,5
  5. Lembar halaman makalah minimal 10 lembar atau lebih.
Baca selengkapnya: Contoh Format Makalah 

Demikian artikel singkat namun bermanfaat tentang struktur makalah ini untuk Anda, Semoga penjelasan ini mampu membuka wawasan kalian yang sebentar lagi akan membuat makalah, Salam dan terima kasih.

Postingan terkait: